Fakta Menarik Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia

3 Sosok Tokoh Yang Disegani oleh Masyarakat Indonesia pada Zaman Kemerdekaan

 


Indonesia memiliki banyak sekali pahlawan-pahlawan yang berjasa dalam memerdekakan negeri ini. Seluruh masyarakat Indonesia sudah sepatutnya mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang, lewat hening cipta yang diadakan setiap senin (upacara).

Pahlawan-pahlawan yang berkontribusi dalam memerdekakan Indonesia memiliki beragam karakter dan sifat. Dari beberapa pahlawan tersebut, ada beberapa yang namanya sejak dulu dikenal sebagai sosok yang ditakuti dan disegani di Indonesia.

Selain itu, peran dari tokoh pahlawan ini juga sangat besar ke Indonesia sehingga membuat namanya dikenal oleh banyak orang dari masa ke masa. Siapa sajakah itu mereka?

Berikut ini kami akan berikan 3 nama tokoh/pahlawan yang disegani dan ditakuti di Indonesia sejak dulu hingga kini.

1. Ir Soekarno

Sosok pertama yang dikenal sebagai tokoh yang disegani oleh masyarakat Indonesia adalah Ir Soekarno. Ir Soerkarno adalah presiden pertama Repulik Indonesia (RI) dan dikenal sebagai bapak bangsa Indonesia.

Beliau juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang menunjukkan taring kehebatan Indonesia di manca negara. Selain di Indonesia, Ir Soerkarno juga menjadi salah satu orang yang paling ditakuti di Amerika Serikat pada saat masa kemerdekaan karena sikap tergas politiknya yang kuat dan tidak bisa dianggap main-main.

Salah satu bukti ketegasan Ir Soekarno adalah, ketika Indonesia menjadi negara non blok atau negara yang tidak memihak siapa-siapa saat terjadi konflik besar dunia tahun 1965. Hal ini bahkan membuat Indonesia keluar dari PBB kala itu.

2. Mohammad Hatta

Tokoh selanjutnya yang disegani oleh rakyat Indonesia dan dikenal sebagai salah satu sosok yang berperan aktif dalam kemerdekaan Indonesia adalah Mohammad Hatta. Mohammad Hatta adalah Bapak Koperasi Indonesia yang juga menjadi salah satu orang yang berpengaruh dalam setiap putusan Ir Soekarno pada masa Indonesia menuju kemerdekaan.

Wakil presiden Indonesia pertama ini bahkan secara terang-terangan mendominasi Amerika Serikat di Indonesia saat itu yang membuatnya ditakuti banyak negara di dunia. Tidak heran mengapa hingga kini kita masih sering mendengar nama Mohammad Hatta sebagai salah satu pahlawan Indonesia yang tidak akan terlupakan.

3. Soeharto

Soeharto adalah presiden kedua Indonesia dan juga menjadi sosok yang disegai dan ditakuti oleh masyarakat Indonesia. Mantan presiden kedua Indonesia ini sempat membuat negara asing takut karena sikap politik dan pemerintahan yang dimiliki oleh Soeharto sangat tegas dan tidak bisa dianggap remeh.

Meski banyak dokumen yang menyatakan bantuan kepada Amerika Serikat kepada Indonesia, namun Soeharto juga merupakan salah satu sosok yang menakutkan untuk Amerika Serikat.

Meski demikian, Soeharto terpaksa lengser atau mundur dari jabatannya menjadi presiden Indonesia karena adanya krisis ekonomi besar dan utang yang luar biasa kala itu yang terjadi di Indonesia.

Nah, itulah 3 tokoh yang paling disegani dan ditakuti oleh masyarakat Indonesia pada zaman menuju kemerdekaan Indonesia. Bahkan hingga kini, nama mereka juga masih disegani dan dihormati oleh rakyat Indonesia. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat membaca!

Komentar