Biografi Abdoel Moeis, Sastrawan Asal Minang

Fakta Menarik Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia

 


Nama Ki Hajar Dewantara tentu sudah tidak asing untuk kamu dengar. Pendiri perguruan Taman Siswa ini dikenang sebagai Bapak Pendidikan Indonesia dan diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Tanggal tersebut juga merupakan tanggal kelahirannya di mana Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 dengan nama RM Soewardi Soerjaningrat. Ia merupakan cucu dari Sri Paku Alam III dan ayahnya bernama GPH Soerjaningrat.

Nah, di bawah ini kami akan memberikan beberapa fakta menarik dari Ki Hajar Dewantara yang wajib kamu ketahui. Apa sajakah fakta menarik tersebut? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu ketahui.

Nama Asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat

Ki Hadjar Dewantara sebelumnya bernama lengkap Raden Mas Soewardi Soerjaningrat merupakan seorang bangsawan. namun saat berusia 40 tahun ia mengganti namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara, ia melepaskan gelar kebangsawanan di depan namanya agar lebih bebas dekat dengan rakyat.

Seorang aktivis

KHD keseharian merupakan seorang wartawan muda, ia sempat bekerja dibeberapa surat kabar diantaranya Sediotomo, Midden Java, Poesara, dll. KHD sangat aktif dalam organisasi sosial dan politik, ia merupakan salah satu tokoh dalam organisasi Boedi Oetomo tahun 1908 dan juga aktif dalam Indische Partij (Partai Politik Pertama di Hindia Belanda).

Baca juga: Kumpulan Puisi untuk Guru yang Menyentuh Hati

Mendirikan Taman Siswa

Sepulangnya ke Indonesia pada September 1919, ia mengembangkan konsep mengajar bagi sekolah yang ia dirikan pada 3 Juli 1922 yang diberi nama Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa. Semboyan dalam sistem pendidikan yang dipakainya hingga kini dikenal oleh Masyarakat Indonesia yakni ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tutu wuri handayani (di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan) semboyan tersebut masih di gunakan dalam dunia pendidikan Indonesia hingga saat ini.

Menteri Pendidikan Pertama Indonesia

Dalam kabinet Presidensial (kabinet pertama yang dibentuk setelah Proklamasi Kemerdekaan) ia ditetapkan sebagai menteri Pengajaran Indonesia (Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan).

Pahlawan Nasional ke-2 Indonesia

KHD meninggal dunia di Yogyakarta pada 26 April 1959. Atas jasa-jasanya dalam membangun pendidikan di Indonesia ia dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional yang ke-2 oleh Presiden Soekarno.

Makna Nama Ki Hajar Dewantara

Nama Ki Hajar Dewantara memiliki makna yang mendalam. Ki adalah sebuah panggilan untuk orangtua yang dihormati dan diteladani. Sedangkan Hajar berarti guru dan Antara ialah dewa penghubung bumi dengan dunia yang lebih tinggi. Dengan nama barunya, Ki Hajar Dewantara makin aktif memajukan pendidikan bagi rakyat jelata.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Itulah beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh Ki Hajar Dewantara untuk kamu ketahui. Untuk mengetahui fakta menarik lainnya seputar pahlawan, tetap simak ulasan kami yang lainnya.

Komentar