Biografi Abdoel Moeis, Sastrawan Asal Minang

7 Pahlawan Nasional yang Ada di Uang Kertas Baru

Bank Indonesia telah meluncurkan pecahan uang rupiah kertas baru dengan tahun emisi 2022 (TE 2022). Terdapat tujuh pecahan uang kertas baru dengan sejumlah gambar tokoh pahlawan yang ada di dalamnya. 

Mengutip laman bi.go.id, uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan serta tema kebudayaan Indonesia, yaitu gambar tarian, pemandangan alam, dan flora pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Selain itu, pada sisi sudut kanan atas, terdapat pula gambar garuda.

Daftar gambar pahlawan di pecahan uang rupiah baru

1. Ir. Sukarno dan Drs. Mohammad Hatta 

Tokoh proklamator sekaligus presiden dan wakil presiden pertama Indonesia, yaitu Sukarno dan Mohammad Hatta, menjadi gambar utama pada uang rupiah Rp 100.000.  

2. Ir. H. Djuanda Kertawidjaja 

Selanjutnya adalah Djuanda Kertawidjaja yang tergambar pada uang kertas baru Rp 50.000. Djuanda merupakan perdana menteri Indonesia terakhir atau yang ke-10. Aa menjabat pada 1957 hingga 1959 dan kemudian tergabung dalam kabinet kerja I menjadi menteri keuangan.

3. Dr. G.S.S.J. Ratulangi

Tokoh pahlawan G.S.S.J. Ratulangi atau lebih dikenal sebagai Sam Ratulangi tergambar pada uang kertas baru Rp 20.000. Dia merupakan seorang guru, politikus dan jurnalis yang berasal dari Sulawesi Utara. Selain itu, dia juga dikenal sebagai pahawan multidimensional Indonesia. 

4. Frans Kaisiepo

Gambar Frans Kaisiepo terpampang di uang kertas baru Rp 10.000. Dia merupakan tokoh nasionalis Indonesia sekaligus politikus yang pernah menjabat gubernur Papua. Pada 1993, Frans Keisiepo secara resmi dinyatakan sebagai pahlawan nasional lantaran keberhasilannya menyatukan Irian Barat dengan Indonesia.

5. Dr. K.H. Idham Chalid

Gambar pahlawan Idham Chalid terdapat di uang kertas baru Rp 5.000. Dia merupakan tokoh bangsa dan tokoh agama yang sangat aktif di organisasi Nahdatul Ulama. Dia juga dikenal sebagai deklarator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan menjadi politisi berpengaruh di zamannya. 

Idham Chalid pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri Indonesia di kabinet Djuanda dan Sastroamidjo II. Selain itu, dia juga pernah menjabat ketua MPR, DPR dan menjadi menteri.

6. Mohammad Hoesni Thamrin

Kemudian pada uang kertas baru Rp 2.000 terdapat gambar pahlawan Mohammad Hoesni Thamrin. Dia salah satu tokoh Betawi dan seorang politisi pada zaman Hindia-Belanda. 

7. Tjut Meutia

Sementara pada uang kertas baru Rp 1.000 terdapat gambar Tjut Meutia, yaitu pahlawan wanita yang berasal dari Aceh. Pada masa penjajahan Belanda, ia sangat aktif melakukan berbagai perlawanan hingga akhirnya wafat pada 1910.

Komentar