Biografi Achmad Soebardjo, Menteri Luar Negeri Pertama

4 Pahlawan Nasional dari Bali, Nomor Satu Dijadikan Nama Bandar Udara Bali


Bali sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki kerajaan pada masa lampau memiliki peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. semua masyarakat bali ikut berjuang mengusir para penjajah.


Beberapa dari mereka menjadi pelopor perjuangan tersebut dan pemerintah Indonesia sendiri telah mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan mereka adalah pahlawan nasional yang berasal dari Pulau Bali sebagai bentuk penghargaan negara ini.


Tidak hanya itu, bentuk penghargaan lainnya juga diberikan kepada mereka, seperti salah satu pahlawan yang namanya dijadikan Bandar udara Internasional Bali. Pengen tahu sosok pahlawan-pahlawan tersebut? Berikut daftar dan biografi singkatnya.


1. I Gusti Ngurah Rai

Lahir di Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali pada 30 Januari 1917, Brigadir Jenderal (anumerta) I Gusti Ngurah Rai merupakan pemimpin pertempuran Puputan Margarana Bali.


Pahlawan Nasional yang satu ini memiliki pasukan bernama Ciung Wanara kala itu dan bertugas untuk melawan Belanda.


Atas jasa-jasanya, namanya diabadikan menjadi nama bandara di Bali yakni Bandara Internasional Ngurah Rai. Dan potretnya dicantumkan di uang kertas pecahan Rp 50.000. Tidak hanya itu, pemerintah Indonesia menganugerahi beliau sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1975.


2. I Gusti Ketut Pudja

Pahlawan nasional kedua yang berasal dari tanah Bali yakni I Gusti Ketut Pudja. Ia lahir di Singaraja, Kabupaten Buleleng pada 19 Mei 1908.


Bentuk perjuangan yang dilakukannya adalah ikut terlibat dalam perumusan negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mewakili Sunda Kecil yang saat ini dikenal dengan Bali dan Nusa Tenggara.


Selain diberikan gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2011 oleh pemerintah Indonesia, foto I Gusti Ketut Pudja diabadikan di pecahan uang logam Rp 1.000,-.


3. Ide Anak Agung Gde Agung

Ide Anak Agung Gde Agung yang lahir di Kabupaten Gianyar pada 24 Juli 1921 merupakan ahli sejarah dan tokoh politik Indonesia dari Bali. Ia juga seorang raja Gianyar, menggantikan posisi sang ayah Anak Agung Ngurah Agung.


Bentuk perjuangan yang dilakukannya ialah dengan bergabung dengan organisasi Pembela Tanah Air (PETA) dalam melawan para penjajah. Hingga ia diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri dan Luar Negeri Indonesia ke-8 pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno.


Era kepemimpinan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ide Anak Agung Gde Agung dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.


4. Untung Suropati

Pahlawan Nasional yang selanjutnya ialah Untung Suropati yang lahir di Desa Gelgel, Kabupaten Klungkung pada tahun 1660.


Ia tercatat sebagai pahlawan dalam sejarah Nusantara karena kisahnya yang legendaris dalam berjuang mengusir para penjajah. Untung Suropati merupakan seorang anak rakyat jelata sekaligus budak VOC yang akhirnya menjadi seorang bangsawan dan Tumenggung (Bupati) Pasuruan dengan gelar Tumenggung Wiranegara.


Sebagai bentuk penghargaan atas semua perjuangannya, ia dianugerahi gelar Pahlawan Indonesia berdasarkan S.K. Presiden No. 106/TK/1975 tanggal 3 November 1975.


Itulah daftar pahlawan Nasional yang berasal dari Pulau Bali. Sebagai kaula muda penerus bangsa, kita harus terus mengingat para pahlawan, jangan pernah sekalipun melupakan sejarah. Karena, jika tidak ada mereka, mungkin kita tidak akan pernah merasakan kemerdekaan.

Komentar